Serpong (2/5/2009); “ BATAN buktikan nuklir untuk kesejahteraan melalui pertanian dan peternakan”, demikian menurut Menristek Kusmayanto Kadiman disela sambutannya saat membuka acara Peluncuran WiMax didepan forum komunikasi bloggers dan mailisters Sabtu (2/5/2009) di Gedung Graha Whidya Bhakti Puspiptek Serpong, Tangerang, Banten. Menurut KK nuklir di Indonesia murni untuk tujuan damai dan kesejahteraan masyarakat, nuklir tidak hanya untuk senjata dan identik dengan bom. Menristek juga mempersilakan para bloggers dan mailisters untuk mengunjungi stand pameran BATAN untuk melihat langsung beras hasil iradiasi.
Keikutsertaan BATAN dalam pameran yang diselenggarakan bersamaan dengan peluncuran WiMax bertujuan untuk mendiseminasikan hasil litbang BATAN terutama aplikasi iptek nuklir di bidang pertanian dan peternakan seperti varietas unggul padi, kedelai serta Suplemen Pakan Multinutrient (SPM) dan Urea Molasses Multinutrient Block (UMMB) yang lebih akrab disebut permen sapi (suplemen untuk mempercepat pertumbuhan ternak ruminansia red.) kepada para blogger dan mailisters.


Kepala PDIN-BATAN Dr. Syahril berharap di forum ini BATAN dan para bloggers dan mailisters mampu bersinergi positif untuk mendiseminasikan iptek nuklir berbasis web. Selain itu Syahril juga berharap BATAN mampu menyerap dan berbagi informasi dengan para bloggers bagaimana caranya mengembangkan web dengan baik.

Para bloggers terlihat cukup antusias saat mengunjungi stand pameran BATAN, terlihat dari beras varietas Diah Suci yang terjual separuh dari persediaan yang dibawa.

Salah seorang pengunjung Rubaya T mengatakan dirinya tertarik untuk menggunakan SPM dan UMMB untuk peternakannya yang berada di daerah Sumedang Jawa Barat, sementara itu Dr. Ning dari Pusarpedal mengaku ingin mencoba beras hasil irradiasi dan ingin mensosialisasikan hasil litbang BATAN ini ke lingkungan kantornya. Selain pameran, rangkaian acara juga diramaikan dengan kunjungan ke kebun botani Puspiptek yang memuat koleksi berbagai pohon dari seluruh propinsi di Indonesia. (eph)

0 Response to " "

Posting Komentar